Sunday, July 17, 2011

The Power of The First Line!

 
  Saya tertarik pada sebuah situs yang mengusung ide membuat kontes mengarang essay atau cerpen dan semacamnya yang dikembangkan dari satu kalimat pembuka yang sama. Semisal, "Kita harus bicara." atau "Sudah bertahun-tahun sejak kita pertama kali bertemu.". Bayangkan, dari satu kalimat pembuka yang sama tersebut bisa menghasilkan ribuan karya tulis dengan ide yang beragam dari berbagai penjuru dunia melalui kontes di situs itu.

     Harus saya akui, bagian menulis kalimat pertama dalam sebuah karya tulis (apalagi sastra) bisa jadi adalah hal yang sangat sulit dan paling menantang. Akan tetapi, sekali sudah menemukan kalimat pembuka yang tepat, maka ide akan lebih mudah mengalir lancar.

     Kalimat pembuka juga bisa menjadi hal penentu bagi para pembaca, apakah akan melanjutkan untuk membaca atau berhenti...terkadang semua bergantung dari kuat atau tidaknya hipnotis dari kalimat pembuka tersebut.
Hal ini baru saya sadari setelah membaca sebuah ulasan tentang kalimat pertama di salah satu buku menulis kesukaan saya, "Daripada bete, nulis aja!".


Kalau teman-teman tertarik, bisa coba buka situs ini >>> http://www.thefirstline.com/

     Siapa tahu bisa menambah ide atau inspirasi teman-teman yang kebingungan membuat kalimat pembuka! Hehehe...
Semangat dan teruslah menulis!


with love,



No comments:

Post a Comment

please gave me your comment here^^